News & Event

Home / Berita Tentang Event

Pekan QRIS Nasional 2020

Senin, 23 Maret 2020 | 12:23:13 WIB | Dibaca: 100 Kali


Foto bersama Kepala BI Perwakilan Provinsi Jambi, Asisten 3 saat seremonial Pekan QRIS Nasional 2020 di Provinsi Jambi

 

“Payo Pake QRIS !”, Satu QR Code untuk Seluruh Pembayaran, kalimat ini digaungkan MC sebagai puncak pelaksanaan PEKAN QRIS Nasional (PQN) 2020 berlangsung serentak di seluruh Indonesia pada 9-15 Maret 2020, termasuk di Provinsi Jambi. Kegiatan berlangsung semarak di arena Car Free Day (CFD) Jalan Jend. A. Yani, depan Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto dan Asisten II Setda Provinsi Jambi, Ir. Agus Sunaryo mengajak masyarakat Jambi menggunakan QRIS (Quick Response Code Indonesia Standard) untuk kemudahan transaksi pembayaran. Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi, Bayu Martanto mengatakan, penggunaan QRIS diharapkan dapat meningkatkan efisiensi sistem pembayaran dan mendorong perekonomian masyarakat. Pembukaan acara ditandai dengan Scan QRIS BAZNAS Provinsi Jambi. Hadir dalam acara antara lain FORKOPIMDA, instansi vertikal, OPD lingkup Provinsi Jambi, dan perbankan.

“Acara menggelar bazar 30 merchant UMKM yang sudah memiliki QRIS, sehingga para peserta dapat langsung mencoba bertransaksi menggunakan QRIS. Berbagai kegiatan menambah semarak acara meliputi senam massal, sosialisasi dan edukasi tentang kesehatan, pengundian doorprize , hiburan, dan lomba fotografi bertemakan QRIS,” kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi Minggu (15/3) lalu.

Dikatakannya, QRIS merupakan standar QR Code untuk transaksi pembayaran di Indonesia,  yang diluncurkan oleh Bank Indonesia pada 17 Agustus 2019 dengan tag line UNGGUL (Universal, Gampang, Untung, dan Langsung). Penggunaan QRIS berlaku efektif secara nasional mulai 1 Januari 2020. Selama ini masyarakat khususnya merchant menggunakan beragam QR Code dari masing-masing penyedia jasa sistem pembayaran. Dengan hadirnya QRIS mempermudah transaksi, karena hanya cukup dengan 1 (satu) QR Code saja di merchant dapat digunakan oleh beragam aplikasi pembayaran berbasis QR.

“QRIS dapat digunakan oleh seluruh masyarakat yang melakukan usaha seperti pedagang UMKM di pasar tradisional atau modern, pedagang keliling, mall , online shop , kantin di universitas atau sekolah, koperasi, dan lainnya. QRIS juga dapat digunakan untuk keperluan lain seperti zakat, infaq, shadaqah, iuran kas, dan palang merah,” jelasnya.

Di Indonesia saat ini sudah terdapat 2,7 juta merchant pengguna QRIS. Untuk Provinsi Jambi sendiri, merchant pengguna QRIS saat ini telah mencapai 28 ribu yang tersebar di berbagai wilayah.

“Diharapkan seluruh merchant yang ada di Provinsi Jambi dapat segera beralih menggunakan QRIS. Dalam rangkaian PQN 2020 9-15 Maret di Provinsi Jambi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jambi telah melaksanakan berbagai kegiatan antara lain peresmian penggunaan QRIS pada beberapa mesjid dan BAZNAS Provinsi Jambi, sosialisasi QRIS kepada masyarakat, fasilitasi pendaftaran QRIS bagi merchant , dan puncak acara yang mengajak masyarakat mencoba langsung transaksi menggunakan QRIS,” tandasnya. (sumber : Harian Pagi Jambi Ekspres)

Komentar Facebook



Berita Terkini

View Indeks